reaksi soda api dengan air panas

5 Cara Menggunakan dan Reaksi Soda Api dengan Air Panas

Bagaimana sebenarnya reaksi soda api dengan air panas? Hm, biasanya kedua bahan tersebut ampuh untuk mengatasi WC yang mampet. Untuk kamu yang belum tahu, di dalam artikel ini akan membahas lengkap mengenai reaksi tersebut. 

Namun pastikan dulu kamu paham dengan soda api. Soda api sendiri merupakan bahan kimia yang disebut Natrium Hidroksida (NaOH) yang memiliki sifat korosi. Sebenarnya, sifat korosi sendiri bisa membuat benda atau zat lain hancur akibat panas yang ditimbulkan. 

Jadi itulah alasan mengapa soda api bisa kamu gunakan untuk memperbaiki WC mampet di kamar mandi karena bantuan dari sifat panas yang ditimbulkan. 

Bagaimana Reaksi Soda Api dengan Air Panas? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan soda api bisa menimbulkan hancurnya bahan lain karena panas. Nah, jika kamu menggunakan bahan tersebut untuk WC yang mampet, nantinya akan ada reaksi desis atau panas. 

Reaksi tersebut timbul karena soda api dimasukkan ke dalam kloset, dan akan berfungsi untuk membuat WC tidak mampet lagi. Karena akan ada panas yang timbul, kamu harus berhati-hati dan jangan sampai soda api menyentuh kulit atau bahan yang lainnya karena akan menimbulkan masalah baru. 

Salah satu masalah lain yang bisa timbul adalah luka bakar jika terkena kulit. Maka dari itu, untuk memanfaatkan fungsi dari soda api, sangat disarankan menggunakan alat keselamatan yakni seperti masker dan sarung tangan dari bahan karet. 

Menggunakan Soda Api untuk Atasi WC Mampet

Apakah kamu sudah penasaran, bagaimana bisa WC yang mampet diperbaiki hanya dengan menggunakan soda api? Baiklan, pahami cara di bawah ini supaya kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. 

1. Siapkan 1 kg Soda Api

Yang pertama adalah kamu perlu menyiapkan soda api sekitar 1 kilogram. Setelah sudah siap, masukkan bahan tersebut ke dalam ember yang kosong dan bersih. Hati-hati terkena tangan, pastikan kamu sudah memakai sarung tangan sebelum menuangkan soda api. 

2. Tuangkan Air Panas

Yup, seperti judul artikel ini, tuangkan air panas yang mendidih ke dalam ember yang sudah ada soda apinya. Hati-hati juga sangat menuangkannya, jangan sampai air tersebut tumpah atau jatuh dan mengenai kulit kamu. 

3. Aduk Sampai Larut

Cara yang berikutnya kamu perlu mengaduk soda api dan air panas tersebut dengan menggunakan sendok kayu. Pastikan bahan kimia tersebut benar-benar larut agar saat kamu masukkan ke dalam kloset tidak mengeras dan bereaksi. 

4. Tuangkan Bahan Yang Sudah Diaduk

Nah, selanjutnya kamu tuangkan soda api yang sudah diaduk tadi ke dalam kloset. Biarkan sekiranya 2 sampai 4 jam untuk menunggu bahan kimia itu larut dan benar-benar beraksi. Saat menunggu, kamu bisa menutup kloset supaya desis dan panasnya tidak menguap ke dalam kamar mandi. 

5. Siram dengan Air yang Banyak

Sesudah menunggu dengan waktu yang pas, siramlah WC dengan menggunakan air yang banyak dan lihatlah hasilnya. Tada! WC akan kembali normal dan tidak mampet lagi. 

Cara di atas sangat mudah, bukan? Namun untuk sebagian orang mungkin masih bingung dan repot untuk mengerjakan cara di atas. Kamu bisa menggunakan jasa sedot WC Jakarta Utara apabila tidak ingin melakukan perbaikan sendiri. 

Selain itu, biasanya penyedia jasa seperti CV Mitra Sabena akan memberikan pelayanan terbaik dan sangat bersih untuk tiap pelanggannya. Nah, jadi seperti itulah reaksi soda api dengan air panas yang bisa kamu ketahui dan juga lima cara menggunakannya untuk WC yang mampet.

Baca Juga: RAFTING DI BALI UBUD, LOKASINYA MUDAH DAN KEGIATANNYA SANGAT MENARIK

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *