FITUR BARU WHATSAPP DENGAN TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI TERKINI

Fitur Baru WhatsApp dengan Teknologi Telekomunikasi Terkini

Dalam dunia berita teknologi telekomunikasi sudah tidak asing lagi. Jumlah pemakai aplikasi chat ini memiliki jumlah yang paling banyak di dunia. Berbagai pembaruan dilakukan di aplikasi ini untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan. 

Pembaruan terbaru dari WhatsApp memiliki beberapa hal berbeda dari sebelumnya. Apa saja fitur baru yang muncul di versi paling mutakhir ini?

Fitur Baru WhatsApp Teknologi Pesan Sementara

Fitur Baru WhatsApp Teknologi Pesan Sementara

WhatsApp resmi menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang sifatnya hanya sementara. Setelah itu, pesan ini akan hilang secara otomatis dalam waktu tertentu. 

Fitur pesan sementara di WhatsApp ini sudah resmi dirilis di beberapa negara mulai hari ini. Fitur baru ini dapat digunakan untuk platform Android dan iPhone. Hal ini menjadi karuan dalam dunia teknologi telekomunikasi ya?

Tujuan dari penambahan fitur ini adalah untuk memberi kemudahan pengguna apabila mereka tidak ingin menyimpan pesan dalam jangka waktu lama. Salah satu inspirasi fitur ini adalah bagaimana komunikasi langsung biasanya hanya terjadi pada waktu itu saja dan tidak disimpan dalam waktu yang lama.

Jika pengguna mengaktifkan fitur ini, pesan baru yang dikirim lewat kolom chat antar pribadi (bukan di grup), akan hilang secara otomatis setelah kurun waktu tujuh hari. 

Sedangkan untuk percakapan di grup (WhatsApp Group), fitur pesan sementara ini hanya bisa diaktifkan oleh admin grup saja. Bagi orang yang tidak suka menyimpan pesan dalam jangka waktu yang lama, fitur ini sangat berguna bukan?

Fitur Mute Selamanya

Teknologi telekomunikasi saat ini memiliki berbagai kecanggihan yang mutakhir. Dalam beberapa waktu terakhir, telekomunikasi sudah diisi dengan teknologi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Salah satunya adalah di WhatsApp. Fitur yang cukup berguna ini adalah ‘mute’. Versi terdahulu dari WhatsApp ini memungkinkan penggunanya untuk menyalakan mode senyap atau mute agar tidak ada notifikasi maksimal 1 tahun.

Sedangkan versi terbaru dari WhatsApp ini memungkinkan penggunanya untuk mute selamanya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membisukan notifikasi di grup WhatsApp tak hanya sampai satu tahun, tapi selamanya. 

Namun dengan adanya fitur ini pengguna bisa menonaktifkan notifikasi percakapan untuk selamanya. Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam keterangan di aplikasi WhatsApp terbaru versi 2.20.201.23 yang tersedia di playstore. 

Caranya pun cukup mudah, pengguna cukup mengklik ikon titik tiga pada percakapan yang ingin dibisukan, selanjutnya pilih “mute notification” setelahnya pilih “Always”. Mudah sekali bukan? Fitur ini sangat berguna jika pengguna tergabung dalam berbagai grup yang kurang diminati.

Baca Juga: Cazorla Inspiring Comeback

Teknologi Mencari File secara Spesifik 

Versi terbaru WhatsApp ini ternyata memiliki beberapa pembaruan di dalamnya. WhatsApp juga telah merilis fitur barunya yang memungkinkan pengguna dapat mencari file secara spesifik berdasarkan jenis file-nya. “

Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna dalam menelusuri kategori file yang ingin dicari, misalnya foto, GIF, tautan, video, dokumen, hingga audio di aplikasi WhatsApp. Perusahaan juga tengah mengembangkan untuk versi yang lebih canggih lagi.

Nantinya pemilih juga bisa mengakses pencarian di WhatsApp dengan mencari lebih spesifik dari siapa file tersebut dikirim dengan mengetikkan nama kontak yang ada di samping file.

Fitur mencari file spesifik ini telah hadir mulai di WhatsApp android versi 2.20.200.22. 

Video Call 50 Orang, Mudahkan untuk Jalin Telekomunikasi

Sejak bulan Mei 2020 lalu, pengguna WhatsApp sudah bisa melakukan panggilan video dengan 50 orang peserta melalui Messenger Rooms. Fitur ini tersedia bagi WhatsApp versi web yang dapat diakses melalui aplikasi web Whatsapp.com dan aplikasi WhatsApp dekstop. 

Caranya pun cukup mudah, untuk membuat panggilan video pengguna dapat memilih menu titik tiga di kanan atas kemudian klik menu “Create a Room”. Setelah diklik, layar akan menampilkan pop-up pemberitahuan unuk melanjutkan ke halaman Messenger. Setelahnya pengguna dapat memilih opsi “Lanjutkan dengan Messenger” guna memulai panggilan video.

Nantinya pengguna yang sudah melewati tahap ini akan dibawa ke halaman baru untuk login Facebook. Masukkan email dan kata sandi Facebook. Setelahnya pengguna akan ditujukan ke halaman yang menyediakan link khusus yang dapat disalin untuk mengundang pengguna lain. 

Kerja sama antara Facebook dan WhatsApp inilah yang memungkinkan versi ini muncul. Dengan teknologi telekomunikasi yang terbaru, WhatsApp ini bisa digunakan untuk meeting online tanpa menginstall aplikasi lain.

Pesan WhatsApp Dapat Langsung Dicari di Google 

Salah satu hal yag]ng baru dari versi teranyar WhatsApp adalah pencarian pesan. Fitur ini diluncukran untuk para pengguna mencari kebenaran suatu informasi dengan nama fitur Search the Web. 

Dengan adanya fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengecek informasi yang telah diteruskan berkali-kali melalui penelusuran mesin pencari. Untuk menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah yakni pengguna hanya tinggal mengeklik ikon kaca pembesar di sisi kanan pesan yang di-forward. Tujuannya adalah untuk mengurangi penyebaran hoax yang marak di WhatsApp.

Demikian tadi berbagai fitur baru dalam WhatsApp versi teranyarnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *