5 Fakta Unik dan Menarik di Final Piala AFF

Juni 17, 2022 | By admin | Filed in: Informasi.

Turnamen Piala AFF 2020 akan segera berakhir. Laga final Piala AFF 2020 akan menjadi duel antara Timnas Thailand melawan Timnas Indonesia. Pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, kedua pertandingan tersebut akan dipertandingkan di Singapore National Stadium.

Final turnamen selalu menjadi pertandingan yang paling krusial dan mendebarkan. Tidak terkecuali acara dua tahunan Asia Tenggara ini. Turnamen ini dihiasi dengan berbagai catatan menarik.

Fakta Menarik Final Piala AFF

Kampusbola membagikan 5 fakta menarik tentang mereka dalam paragraf berikut:

1. Hanya 5 Tim yang Masuk Final Piala AFF

Piala AFF telah digelar 13 kali sejak awal tahun 1996. Meski 11 tim bertanding, hanya 5 tim yang mampu melaju ke final. Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia adalah negara-negara yang terlibat.

Thailand adalah tim yang paling sering lolos ke final dari lima. Yang ke-9 Changsuek adalah grand final dari edisi 2020. Selanjutnya adalah Indonesia yang akan berlaga di final keenam. Yang paling tidak biasa adalah Vietnam, yang hanya tiga kali menghadiri pesta puncak.

2. Indonesia vs Thailand Pertemuan Terbanyak

Thailand dan Indonesia, dua tim paling reguler di final, juga memiliki pertemuan terbanyak di fase penentuan juara Piala AFF. Edisi keempat adalah yang terakhir dalam seri ini.

Pertandingan Thailand-Indonesia sebelumnya telah dimainkan tiga kali, di Piala AFF 2000, 2002, dan 2016. Changsuek menang dalam tiga pertemuan.

3. Indonesia Paling Sial, Thailand Paling Sukses

Tiga pertandingan terakhir antara Thailand dan Indonesia mencerminkan hasil final Piala AFF. Changsuek memiliki rekor sebagai yang paling sukses, setelah menang lima kali. Singapura adalah satu kejuaraan di depan mereka.

Sementara itu, Indonesia memiliki nasib paling buruk. Indonesia adalah satu-satunya tim yang berhasil mencapai final tetapi belum mampu menang. Tim Garuda telah kalah lima kali berturut-turut. Mereka kalah tiga kali dari Thailand, sekali dari Singapura dan sekali dari Malaysia.

4. 2 Leg Final Terdiri dari 5-7 Gol

Selalu ada banyak gol yang tercipta di final Piala AFF, terutama sejak sistem gugur diubah menjadi format dua leg. Selalu ada setidaknya 5 gol yang dicetak di masing-masing dari delapan edisi. Adapun yang lainnya, itu adalah permainan 7 gol. Itu terjadi setelah Singapura mengalahkan Indonesia secara agregat 5-2 pada tahun 2004 dan Thailand mengalahkan Malaysia dengan agregat 4-3 pada tahun 2014.

Semua tim yang tampil di delapan final yang berlangsung dua leg itu mencetak setidaknya dua gol. Singapura adalah tim dengan torehan terbanyak di dua leg terakhir. The Lions menjejalkan 5 gol ke gawang Indonesia pada 2004.

5. Worrawoot Srimaka Pemain Istimewa Piala AFF

Sejak dimulai pada tahun 1996, final Piala AFF telah melihat 55 gol yang dicetak oleh 42 pemain berbeda. Worrawoot Srimaka memegang rekor unik di antara 42 pemain. Dia mencetak hat-trick dalam kemenangan 4-1 Thailand atas Indonesia pada tahun 2000.

Srimaka adalah satu-satunya pemain di final yang pernah mencetak hat-trick. Meskipun demikian, Khairul Amri (Malaysia) dan Safee Sali (Iran) kini memiliki jumlah gol terbanyak di final dengan tiga gol (Malaysia).

Di final Piala AFF, hanya satu hat-trick yang dicetak, dan hanya satu gol bunuh diri yang tercipta. Duong Hong Son dari Vietnam mencetak gol di leg pertama final Piala AFF 2008 melawan Thailand. Ada juga lima penalti, tiga di antaranya dilakukan oleh pemain Singapura.

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 Dengan Mudah dan Cepat


  • About

    This site is about Santi Cazorla – His profile, career stats, history and interesting news. You can enjoy the journey of a career and anything about this one footballer.

    Furthermore, we also review various interesting news about games, technology and business. Useful information for anyone visiting this site.

    This website is not associated with the original Santi Zorla. This is simply a site owned by Dolphins e-Gaming. So there is no direct or indirect relationship with the original Santi Zorla or management associated with it.

    Optimized & Developed by Garuda News Network